Pengenalan HTML

April 17, 2017


Jika kita ingin membuat suat website maka hal yang paling mendasar yang harus kita pelajari adalah HTML. kenapa HTML ? Karena HTML merupakan sebuah pondasi dasar untuk pembuatan website.

Apa itu HTML ?

HTML adalah singkatan Hypertext Markup Language. Kenapa disebut Hypertext ? Karena didalam HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain yang dapat dita rubah-rubah misalkan merubah menjadi sebuah link atau tautan yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Fungsi text inilah yang biasa disebut dengan Hypertext walapun pada implementasinya nanti tidak hanya digunakan untuk membuat suatu tautan atau link melainkan masih banyak lagi.

HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman melainkan merupakan bahasa Markup. karena HTML menggunakan tag atau tanda markup untuk mendeskripsikan halaman dari sebuah web. misalkan dalam halaman web kita dapat menebalkan, memiringkan huruf atau sebuah kalimat menggunakan tag ini misalkan :
Mengenal HTML //belum diberikan tag

Mengenal HTML //setelah diberi tag
Keterangan :

  • merupakan tag HTML yang digunakan untuk menebalkan huruf
  • merupakan tag HTML yang berfungsi untuk membuat paragraf baru

Hailnya adalah..

Tag HTML


HTML Markup biasanya disebut dengan Tag HTML.  Tag HTML merupakan sebuah kata kunci untuk memulai seuatu halaman yang dikelilingi oleh sudut kurung seperti :
< html>< /html>

Setiap tag  memilik pasangan yaitu awal ( pembuka ) dan akhir ( penutup ) seperti


Dokumen HTML


Dokumen HTML biasa disebut dengan Halaman Web. dimana yang ditampilkan pada sebuah Web Browser seperti Mozilla, Chrome, Safari dan lain-lain. Browser tidak menampilkan tag html melainkan menafsirka tag html tersebut.

< html>
< body>
Mari Mengenal HTML
< /body>
< /html>

Keterangan :

  • Teks di antara dan </ html> menjelaskan halaman web
  • Teks di antara dan </ body> adalah isi halaman yang terlihat
  • "Mari Mengenal HTML"  merupakan  Isi dari Halaman yang ditampilkan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »