Bekerja Dengan SUM, SUMIF Dan SUMIFS Di Ms. Excel

April 16, 2017

Fungsi SUM

Sum berfungsi untuk menghitung total nilai dari excel.
Rumus : SUM([number1].[number2].[number3]...]

Contoh :
Pertama-tama buat sebuaah data yang ingin kita sum. misalkan seperti data dibawah ini.
 Dan sekarang kita menggunakan fungsi sum untuk menghetahui berapa banyak atau total buku yang ada pada data tersebut. Ohya lupa hehe ketikkan SUM, SUMIF dan SUMIFS di bari ke 11,12,13 di kolom B ya..
pertama-tama letakkan kursor di kolom C di baris ke 11. kemudian ketikkan =SUM(C2:C9) seperti ini
Kemdudian enter.
 Maka total buku keseluruhan adalah sebanyak 29 buku.

Fungsi SUMIF

SUMIF sama fungsinya dengan SUM tetapi dalam kondisi tertentu.
Rumus : SUMIF(range,criteria,[sum_range]...)

Dengan data yang sama, kita kan mencoba menggunakan fungsi SUMIF untuk menghitung berapa banyak buku yang berjudul "Bahasa Asing" yang ada.
berikut contohnya :
Pertama-tama, letakkan kursur di kolong C baris ke 12 dan ikuti contoh gambar berikut ini
Kemduian Enter

Maka banyak buku yang judulnya Bahasa Asing adalah sebanyak 12 Buku. dimana yang terdapat pada rak 1A111 = 5, 1A113 = 2 dan 1A122 = 5.

Fungsi SUMIFS

SUMIFS berfungsi sama dengan SUMIF sebelumnya namun bisa lebih dari satu.
Rumus : SUMIFS(sum_range,criteria_range1,criteria1,[criteria_range2,criteria2

Dengan data yang sama kita akan menggunkan fungsi SUMIFS dimana kita akan menghitung jumlah buku "Belajar Fokus" yang ada di rak 1A121. Walupun sudah tentu hasilnya dua tapi tidak afdol jika kita tidak belajar menggunakan fungsi SUMIFS karena ini adalah contoh penggunaan fungsi SUMIFS.

Langsung saja, letakkan kursor di kolom C baris ke 13 dan ketiikan seperti digambar dibawah ini

Kemudian Enter


Selesai..
Mudahkan...! Silahkan Mencoba!




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »