Mengenal Tag, Element dan Atribut di HTML

April 20, 2017

Sebelumnya kita seudah mengenal apa itu html. dimana html itu adalah bahasa markup. Dan pada kali ini kita akan membahasan apa itu Tag, Element dan Atribut.

Tag HTML

Merupakan bagian terpenting dalam HTML atau bisa disebut sebagai otaknya HTML karena itulah HTML disebut sebagai bahasa markup. HTML membutuhkan cara untuk memberitahu web browser untuk apa fungsi sebuah text.Tag merupakan perintah yang khusus untuk menjadi pembeda antara text biasa agar mudah dikenali oleh browser agar mudah dikenali dan ditampilkan ke dalam bentuk visual sesuai dengan printah yang diberikan.

Sebagai conth tag , tag ini memberikan fungsi untuk memberikan suatu informasi kepada sebuah browser tentang judul sebuah file html yang telah kita buat. Judul yang ada pada halaman ini tidak akan ditampilkan apabila kita tidak menggunakan penutup. sehingga apabila kita ingin menampilkan judul tersebut kita harus memberikan penutupnya seperti ini.

Contoh Penulisan Tag HTML

< tag_pembuka> perintah tag < /tag_pembuka>

sebagai contohnya :
< p> Mari Belajar Fokus < /p>

Keterangan :
  • < p> adalah tag pembuka, dalam contoh ini p adalah tag untuk paragraf.
  • < /p> adalah tag penutup paragraf. Perbedaannya dengan tag pembuka terletak dari tanda forward slash (/)

Contoh yang lain. Jika anda ingin membuat suatu kalimat dimana kalimat itu anda ingin memberikan tulisan tebal, miring dan bergari bawah. maka berikut adalah contoh penulisannya.

< b>Belajar adalah kunci menjadi suskes< /b>. < i>karena belajar dapat memberikan pengetahuan< /i>. < u>Karena itu belajarlah jika kamu tidak ingin menjadi orang-orang yang bodoh < u>.

Hasilnya :
Belajar adalah kunci menjadi suskes. karena belajar dapat memberikan pengetahuan. Karena itu belajarlah jika kamu tidak ingin menjadi orang-orang yang bodoh

Ada beberapa tag yang kita memiliki pasangan ini adalah sebuah pengecualian seperti :
  • < hr> untuk membuat garis horizontal
  • < br> untuk melakukan break (garis baru) atau bisa juga dituluskan sperti < br/>

Element-element Pada HTML


Element merupakan suatu sis pada sebuah tag yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup. sebagai contoh :
< p> Ini adalah sebuah Element < /p>
Element sendiri tidak hanya berupa text, melainkan juga bisa berisi tag-tag lainnya seperti
< p> Ini adalah sebuh <em>Element<em>< /p>
Terlihat disana kalimat Ini adalah sebuah Element merupakan suatu element. dan < p> < /p> adalah tag-nya.

Atribut HTML

Merupakan suatu informasi tambahan yang disisipkan pada suatu tag. dimana sisipan ini bisa berupa  intruksi warna text, warna latar pada text maupun tautan pada suatu text. Atribut pada satu tag bisa lebih dari satu dan dipisahkan dengan menggunakan karakter kutip dua serta miliki penamaan dan nilai yang berbeda.

Contoh penulisannya :

< tag nama-atribut="nilai-atribut">< /tag> 

Sebagai contoh kita akan memberikan suatu tautan pada suatu text.


< a href="belajar-fokus.blogspot.com"> Ini adalah tautan < /a> 

Terlihat disana < a>< /a> merupakan tag. dan href="" merupakan suatu atribut pada sebuh tag. dimana yang berfungsi untuk menjadi sebuah link/tautan. jika kita mengkiliknya makan akan dipindah ke halaman belajar-fokus.blogspot.com.
Tidak semua tag membutuhkan suatu atribut, tapi anda akan sering melihat sebuah tag dengan atribut, terutama atribut id dan class yang sering digunakan untuk manipulasi halaman web menggunakan CSS maupun JavaScript.







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »