Aturan Penulisan Bahasa Pemrogrman PHP

April 11, 2017

Setip bahasa pembrograman sudah pasti ada aturan-aturan atau cara-cara penulisannya juga. begitu pula dengan bahasa pemrograman bahasa php. Hal ini sangat penting bagi seorang pemula untuk belajar bahasa pemrograman PHP.

Karena banyak sekali kasus-kasus yang terjadi saat membuat suatu web terjadi pesan error sehingga web yang telah dibuat tidak bisa berjalan dengan optimal dan baik yang diakibatkan karena tata cara atau aturan penulisan bahasa pemrograman PHP.

Bahasa ini sangat dipengaruhi  oleh bahasa pemrograman lainnya seperti Bahasa C dan Perl. sehingga jika anda sudah atau bisa bahasa tersebut maka kita seharusnya mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman PHP. Namu jika bahasa pemrograman merupakan bahasa pemrograman yang pertama kali anda pelajari maka, kita akan bersama-sama belajar bahasa pemrograman PHP ini dari dasar.

Nah kalau begitu mari kita mulai!

Bahasa pemrograman ini tidak sensitif seperti bahasa java yang dimana kita bisa mengetik menggunakan huruf kecil dan huruf besar.

Contoh :

< ?php
echo " Halo Kawan ";        // isi program
Echo " Halo Kawan";
ECHO " Halo Kawan ";

? > //Penutup program


Tetapi dalam penulisan variable huruf kecil dan besar sangat berpengaruh misalnya, $variable, $Variabel, $VarIAbel. dalam contoh penulisan tersebut dianggap sebagai tiga variable.
Contoh :
< ?php
$Budi="Budi";
echo $budi;       // maka Budi tidak akan muncul karna variabel yang dipanggil berbeda

echo $Budi // maka akan muncul "Budi"

?  >

Berikut ini beberapa contoh baris perintah dalam PHP

< ?php

echo "Halo Kawan";
ini_fungsi(10, "Belajar Fokus");
$a=10;
$b="Belajar Fokus";
$c=$a + $b;
if ($a==$b){
echo "Tampilkan";
}

? >

Sekian dan semoga bermanfaat!!


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »